Tugas Kelompok Dosen Pengampu Workshop Defi S.Pd
PERMAINAN MATEMATIKA DENGAN
MEMANFAATKAN BARANG-BARANG YANG ADA DLINGKUNGAN SEKITAR
Oleh:
NENI NOPELA ( 11115202343 )
PMT IV D
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
PEKANBARU
1434 H / 2013 M
KATA PENGANTAR
ﺒﺴﻢﺍﷲ
ﺍﻠﺮﺤﻤﻦﺍﻠﺮﺤﻴﻢ
Assalam’alaikum
Wr. Wb.
Puji dan syukur dengan hati dan
pikiran yang tulus dipanjatkan atas kehadirat Allah SWT, karena berkat nikmat,
ma’unah, dan hidayah-Nya, makalah Workshop Matematika yang berjudul “Permainan matematika dengan memanfaatkan barang-barang
yang ada lingkungan sekitar” ini dapat diselesaikan
tepat pada waktunya.
Shalawat dan salam dihanturkan pada
Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya yang setia mengorbankan jiwa
raga dan lainnya untuk tegaknya syi’ar Islam, yang berpengaruh dan maanfaatnya
hingga kini masih terasa.
Selanjutnya kami ucapkan terima
kasih kepada Dosen Pengampu mata kuliah Workshop Matematika, Ibu Defi,S.Pd., yang telah
memberikan bimbingan, petunjuk, motivasi, dan berbagai kemudahan lainnya. Makalah
ini disusun demi memenuhi tugas kelompok dan menambah pengetahuan mengenai Workshop Matematika secara umum.
Disadari bahwa makalah ini banyak
memiliki kekurangan atau kesalahan, baik
dari segi isinya, bahasa, analisis dan lain sebagainya. Untuk itu saran,
kritik, dan perbaikan yang membangun dari pembaca dengan senang hati penulis
terima diiringi ucapan terima kasih.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb.
Pekanbaru,
Februari 2013
Penulis,
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar................................................................................................................. i
Daftar
Isi......................................................................................................................... ii
Bab
I Pendahuluan......................................................................................................... 1
A. Latar Belakang.................................................................................................... 1
B Rumusan
Masalah................................................................................................ 1
C Tujuan
Penulisan.................................................................................................. 1
Bab II Pembahasan......................................................................................................... 2
A Permainan .......................................................................................................... 2
B Permainan Matematika ....................................................................................... 4
Bab III Penutup.............................................................................................................. 8
A
Kesimpulan......................................................................................................... 8
B Saran.................................................................................................................. 8
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang.
Dalam suatu
proses belajar mengajar, dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar dan
media pengajaran disamping aspek lain. Perkembanagan ilmu pengetahuan dan
teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan
hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu
menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup
kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan
zaman.
Allah
menciptakan dunia ini dengan sempurna. Dengan adanya dunia beserta isinya maka
manusia bisa memanfaatkannya. Sebagai guru kita dituntut agar bisa memanfaatkan
alam sekitar untuk dijadikan mediapembelajaran. Allah telah menyediakan semua
itu tinggal kita yang berkreasi memanfaatkan semua itu dengan syarat tidak
merusak lingkunga.
Dengan
memanfaatkanlingkungan sebagai media pembelajarana maka akan menambah kecintaan
siswa terhadap lingkungan dan mempermudah dalam proses belajar mengajar tanpa
mengeluarkan biaya yang besar.
B.
Rumusan Masalah.
Makalah ini
berisi penjelasan tentang Lingkungan Sekitar yang dapat digunakan sebagai media
pembelajaran matematika.
C.
Tujuan Penulisan.
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mandiri dan kelompok yang diberikan oleh dosen pengampu Workshop Matematika dan bisa
menambah pengetahuan bagi mahasiswa.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pemanfaatan Batu Kerikil
Bahan dan alat
dari permainan ini adalah:
1.
Batu kerikil
2.
Cat atau pewarna lain
3.
Kotak yang tidak transparan
Cara bermain
dari permainan ini adalah:
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 3-4 orang.
2. Setiap kelompok diminta
membawa beberapa batu kerikil, sebagian diberi warna/cat oleh siswa dari rumah.
Sehingga tiap kelompok memiliki 2 kelompok kerikil yaitu yang diberi warna dan
yang tidakdiberi warna
3. Setiap kelompok juga diwajibkan membawa 1 buah kotak yang tidak
transparan
4. Siswa diperintahakan untuk memasukkan
kerikil-kerikil tadi ke dalam kotak, misalnya yang bewarna dimasukkan 10 dan tidak
diberi warna dimasukkan 8.
5. Kemudian tiap kelompok diminta untuk mengambil 1 buah kerikil dari dalam kotak
mereka masing-masing
6. Kemudian siswa diminta menjawab ada berapa
peluang terambilnya kerikil yang bewarna setelah sebuah kerikil diambil tanpa
pengembalian. Lakukan hal tersebuat kembali dengan pengambilan yang berbeda
atau jumlah kerikil yang berbeda.
7. Begitu juga untuk konsep peluang kejadian
bersyarat dengan pengembalian, bedanya kerikil yang telah diambil di kembalikan
kembali ke dalam kotak.
B.
Pemanfaatan Lidi
Lidi merupakan media pembelajaran
matematika yang dapat kita peroleh dari lingkungan sekitar. Lidi ini bisa kita
gunakan sebagai alat bantu hitung pada anak kelas satu dan dua sekolah dasar.
Sekarang ini memang banyak bermunculan alat bantu hitung yang modern dan harga
yang lumayan terjangkau. Tapi bagaimana dengan guru-guru yang ditempatkan di
pedesaaan atau daerah terpencil, yang jauh dari keramaian kota.
Mereka tidak perlu khawatir
lagi,karena mereka bisa memanfaatkan alam sekitar sebagai media pembelajaran
matematika. Dan tanpa mengeluarkan biaya mahal. Adapun
pemanfaatan lidi disini adalah untuk pengenalan konsep penjumlahan dan
pengurangan. Adapun tujuan
dari permainan ini adalah: Pengenalan konsep penjumlahan dan pengurangan pada bilangan
Adapun alat dan bahan dari permainan ini
adalah:
1. Lidi
2. Pewarna
Cara pembuatan permainan ini adalah:
1.
Pilihlah batang lidi yang besar dan kuat
2.
Bersihkan lidi yang telah kita pilih tadi
3.
Potong batang lidi dengan panjang ± 10 cm sebanyak 100 batang atau
sesuai kebutuhan
4.
Celupkan lidi pada cat dengan warna yang kita inginkan agar lebih
menarik.
5.
Keringkan cat pada lidi tersebut.
Cara penggunaan dari permainan ini adalah:
Contoh soal:
4+5=9
§ Ambil empat
batang lidi
§ Ambil lima
batang lagi
§ Gabungkan semua
lidi-lidi yang telah diambil .
- Hitung jumlah lidi seluruhnya
Jadi jumlah
keseluruhannya=9
Untuk pengurangan
Contoh:
6-3=3
- Ambil enam batang lidi
- Karena kurang, maka ambil 3 lidi dari 6 lidi tadi
- Hitung lidi yang tersisa dari pengambilan 3 lidi tadi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar