Kamis, 18 April 2013

MAKALAH MATEMATIKA DENGAN MEMANFAATKAN BARANG-BARANG YANG ADA DILINGKUNGAN SEKITAR


Tugas Kelompok                                                            Dosen Pengampu                             Workshop                                                                           Defi S.Pd

PERMAINAN MATEMATIKA DENGAN MEMANFAATKAN BARANG-BARANG YANG ADA DLINGKUNGAN SEKITAR



Oleh:
NENI NOPELA            ( 11115202343 )
 PMT IV D




JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
PEKANBARU
1434 H / 2013 M






KATA PENGANTAR
ﺒﺴﻢﺍﷲ ﺍﻠﺮﺤﻤﻦﺍﻠﺮﺤﻴﻢ
Assalam’alaikum Wr. Wb.
            Puji dan syukur dengan hati dan pikiran yang tulus dipanjatkan atas kehadirat Allah SWT, karena berkat nikmat, ma’unah, dan hidayah-Nya, makalah Workshop Matematika yang berjudul “Permainan matematika dengan memanfaatkan barang-barang yang ada lingkungan sekitar ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
            Shalawat dan salam dihanturkan pada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya yang setia mengorbankan jiwa raga dan lainnya untuk tegaknya syi’ar Islam, yang berpengaruh dan maanfaatnya hingga kini masih terasa.
            Selanjutnya kami ucapkan terima kasih kepada Dosen Pengampu mata kuliah Workshop Matematika, Ibu Defi,S.Pd., yang telah memberikan bimbingan, petunjuk, motivasi, dan berbagai kemudahan lainnya. Makalah ini disusun demi memenuhi tugas kelompok dan menambah pengetahuan  mengenai Workshop Matematika secara umum.
            Disadari bahwa makalah ini banyak memiliki  kekurangan atau kesalahan, baik dari segi isinya, bahasa, analisis dan lain sebagainya. Untuk itu saran, kritik, dan perbaikan yang membangun dari pembaca dengan senang hati penulis terima diiringi ucapan terima kasih.
            Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Pekanbaru, Februari 2013

Penulis,           

DAFTAR  ISI
Kata Pengantar................................................................................................................. i
Daftar Isi......................................................................................................................... ii
Bab I  Pendahuluan......................................................................................................... 1
A. Latar Belakang.................................................................................................... 1
B  Rumusan Masalah................................................................................................ 1
C  Tujuan Penulisan.................................................................................................. 1
Bab II Pembahasan......................................................................................................... 2
Permainan  .......................................................................................................... 2
B Permainan Matematika  ....................................................................................... 4
Bab III Penutup.............................................................................................................. 8
A   Kesimpulan......................................................................................................... 8
B    Saran.................................................................................................................. 8










 
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.
Dalam suatu proses belajar mengajar, dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar dan media pengajaran disamping aspek lain. Perkembanagan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.
Allah menciptakan dunia ini dengan sempurna. Dengan adanya dunia beserta isinya maka manusia bisa memanfaatkannya. Sebagai guru kita dituntut agar bisa memanfaatkan alam sekitar untuk dijadikan mediapembelajaran. Allah telah menyediakan semua itu tinggal kita yang berkreasi memanfaatkan semua itu dengan syarat tidak merusak lingkunga.
Dengan memanfaatkanlingkungan sebagai media pembelajarana maka akan menambah kecintaan siswa terhadap lingkungan dan mempermudah dalam proses belajar mengajar tanpa mengeluarkan biaya yang besar.

B.  Rumusan Masalah.
Makalah ini berisi penjelasan tentang Lingkungan Sekitar yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika.

C. Tujuan Penulisan.
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mandiri dan kelompok yang diberikan oleh dosen pengampu Workshop Matematika dan bisa menambah pengetahuan bagi mahasiswa.



BAB II
PEMBAHASAN

A.  Pemanfaatan Batu Kerikil
Bahan dan alat dari permainan ini adalah:
1.      Batu kerikil
2.      Cat atau pewarna lain
3.      Kotak yang tidak transparan
Cara bermain dari permainan ini adalah:
1.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan  setiap kelompok terdiri dari 3-4 orang.
2.       Setiap kelompok diminta membawa beberapa batu kerikil, sebagian diberi warna/cat oleh siswa dari rumah. Sehingga tiap kelompok memiliki 2 kelompok kerikil yaitu yang diberi warna dan yang tidakdiberi warna
3.      Setiap kelompok juga diwajibkan membawa 1 buah kotak yang tidak transparan
4.      Siswa diperintahakan untuk memasukkan kerikil-kerikil tadi ke dalam kotak, misalnya yang bewarna dimasukkan 10 dan tidak diberi warna dimasukkan 8.
5.      Kemudian tiap kelompok diminta untuk  mengambil 1 buah kerikil dari dalam kotak mereka masing-masing
6.      Kemudian siswa diminta menjawab ada berapa peluang terambilnya kerikil yang bewarna setelah sebuah kerikil diambil tanpa pengembalian. Lakukan hal tersebuat kembali dengan pengambilan yang berbeda atau jumlah kerikil yang berbeda.
7.      Begitu juga untuk konsep peluang kejadian bersyarat dengan pengembalian, bedanya kerikil yang telah diambil di kembalikan kembali ke dalam kotak.
B.  Pemanfaatan Lidi
Lidi merupakan media pembelajaran matematika yang dapat kita peroleh dari lingkungan sekitar. Lidi ini bisa kita gunakan sebagai alat bantu hitung pada anak kelas satu dan dua sekolah dasar. Sekarang ini memang banyak bermunculan alat bantu hitung yang modern dan harga yang lumayan terjangkau. Tapi bagaimana dengan guru-guru yang ditempatkan di pedesaaan atau daerah terpencil, yang jauh dari keramaian kota.
Mereka tidak perlu khawatir lagi,karena mereka bisa memanfaatkan alam sekitar sebagai media pembelajaran matematika. Dan tanpa mengeluarkan biaya mahal. Adapun pemanfaatan lidi disini adalah untuk pengenalan konsep penjumlahan dan pengurangan. Adapun tujuan dari permainan ini adalah: Pengenalan konsep penjumlahan dan pengurangan pada bilangan

Adapun alat dan bahan dari permainan ini adalah:
1.      Lidi
2.      Pewarna
Cara pembuatan permainan ini adalah:
1.      Pilihlah batang lidi yang besar dan kuat
2.      Bersihkan lidi yang telah kita pilih tadi
3.      Potong batang lidi dengan panjang ± 10 cm sebanyak 100 batang atau sesuai kebutuhan
4.      Celupkan lidi pada cat dengan warna yang kita inginkan agar lebih menarik.
5.      Keringkan cat pada lidi tersebut.
Cara penggunaan dari permainan ini adalah:
Contoh soal:
4+5=9
§  Ambil empat batang lidi
                
§  Ambil lima batang lagi
            
§  Gabungkan semua lidi-lidi yang telah diambil .

                        
  • Hitung jumlah lidi seluruhnya

Jadi jumlah keseluruhannya=9
Untuk pengurangan
Contoh:
6-3=3
  • Ambil enam batang lidi
  • Karena kurang, maka ambil 3 lidi dari 6 lidi tadi
     
  • Hitung lidi yang tersisa dari pengambilan 3 lidi tadi.
                                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar